CeritaSekupang

Walaupun cuma sekupang tetapi ianya berharga

Iklan .

a

Adab Membuang Air



assalamualaikum....


adakah cara kita membuang air besar atau kecil betul???


Berikut ini adalah adab yang diajarkan Rasulullah tentang tatacara buang air besar dan kecil.

·         Jangan menampakkan aurat kepada orang lain ketika buang air, usahakan mencari tempat yang tertutup. (H.R. Muslim)

·         Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci." (H.R. Muslim, Tirmidzi)

·         Abu Hurairah menceritakan, Rasulullah bersabda, " Janganlah kamu kencing di air tenang, di mana kamu mandi pula di situ." (H.R. Muslim)

·         Masuklah ke dalam jamban (WC/toilet) dengan mendahulukan kaki kiri, ke luar dengan mendahulukan kaki kanan. (H.R. Tirmidzi)

·         Sebelum masuk jamban, disunahkan membaca doa: Allahumma inni a'uu dzubika minal khubutsi wal khobaaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bahaya kotoran dan dari segala macam yang membahayakan.).  Khubutsi dan khabaaits oleh Ibnu Hibban al-Khaththabi, diartikan sebagai syaithan laki-laki dan syaithan wanita.

·         Setelah keluar dari jamban disunnahkan membaca doa: Ghufronakal-hamdulillahilladzi adzhaba 'anni adzaa wa 'aafanii (Aku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dariku dan telah menyembuhkan aku.) (H.R. Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah).

·         Jangan berlama-lama dalam jamban karena hal itu merupakan suatu mudharat.  Apabila sudah selesai hajatnya, secepatnya keluar dari jamban. (H.R. Nasa'i, Ibnu Majah)

·         Tidak boleh menjawab salam ketika berada di dalam jamban. Cara menjawabnya cukup dengan isyarat suara (H.R. Muslim, Tirmidzi, Nasa'i)

·         Jangan membaca dan membawa lafadz Allah dan Muhammad atau ayat-ayat Al-Qur'an ke dalam jamban. (H.R. Nasai)

·         Bila terpaksa buang air di tempat terbuka, jangan menghadap ke arah kiblat dan jangan pula membelakanginya. Beliau bersabda: " Apabila seseorang kamu buang air (besar atau kecil) janganlah menghadap atau membelakangi kiblat..."

·         Pergunakanlah tangan kiri ketika membersihkan kemaluan dan dubur. Jangan menyentuhnya dengan tangan kanan. (H.R.  Muslim)

·         Bersucilah sebanyak bilangan ganjil minimal tiga kali. Barang-barang yang dibolehkan untuk beristinja yaitu air, batu, tanah liat yang keras atau kertas. (H.R. Bukhari Ibnu Majah).



sumber>>>http://www.hidayatullah.com


semoga kita dapat amalkannya....insyaAllah....


~ceritasekupang~

0 pendapat bernas: